Selasa, 03 November 2009

Minggu 3 Tugas Bahasa Indonesia

KALIMAT EFEKTIF.

1. Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan.
* Anak itu ditolong kakak dengan dipapahnya ke pinggir jalan.

2. Bunga-bunga mawar, anyelir, dan melati sangat disukainya.
* Mawar,anyelir, dan melati sangat disukainya.

3. Harapan kami adalah agar soal ini dapat kita bicarakan lagi pada kesempatan lain.
* Pada kesempatan lain, kami berharap kita dapat membicarakan lagi soal ini.

4. Waktu dan tempat saya persilakan.
* Bapak penceramah, saya persilakan untuk naik ke podium.

5. Banyak tombol-tombol yang dapat Anda gunakan.
* Banyak tombol yang dapat Anda gunakan.

6. Fitur terbarunya Adobe Photoshop ini lebih menarik dan bervariasi.
* Fitur terbaru Adobe Photoshop ini lebih menarik dan bervariasi.

7. Saya mengetahui kalau ia kecewa.
* Saya mengetahui bahwa ia kecewa.

8. Bola gagal masuk gawang.
* Bola tidak masuk gawang.

9. Saya tinggal di Semarang di mana ibu saya bekerja.
* Saya tinggal di Semarang tempat ibu saya bekerja.

10. Anak-anak sudah pada datang.
* Anak-anak sudah datang.


KALIMAT TIDAK EFEKTIF

1. Bagi semua pengendara motor harus memakai helm standar.
* semua pengendara motor harus memakai helm standar.

2. Berolahragalah agar Anda tidak diserang penyakit.
* Lakukanlah olahraga agar Anda tidak diserang oleh penyakit.

3. Pendidikan agama bertujuan meningkatkan keimanan anak didik.
* Tujuan pendidikan agama adalah untuk meningkatkan keimanan anak didik.

4. Obat pelega dapat menghilangkan gejala sesak napas.
* Obat pelega dapat digunakan untuk menghilangkan gejala sesak napas.

5. membicarakan tentang transmigrasi
* membicarakan transmigrasi.

6. sudah selayaknya apabila
* sudah pada tempatnya apabila

7. Depresi ekonomi dirasakan oleh kaum pribumi lapisan bawah dan kelompok elite.
* Depresi ekonomi bukan hanya dirasakan oleh kaum pribumi lapisan bawah, tetapi
juga dirasakan oleh kelompok elite pribumi.

8. Istri kopral yang nakal itu membeli sepatu.
* Istri yang nakal kopral itu membeli sepatu.

9. Penyuluh menerangkan cara baru beternak ayam kepada para petani.
* Penyuluh menerangkan cara beternak ayam baru kepada para petani.

10.Kegiatan penelitian meliputi pengumpulan data, pengklasifikasian data, dan
penganalisisan data.
* Kegiatan penelitian meliputi pengumpulan data, mengklasifikasikan data, dan
menganalisis data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar