Selasa, 08 Juni 2010

Sikap saya dalam menghadapi kritikan

1. Tidak Bersikap Defense.

Semakin Anda bersikap defense [bersikeras Andalah yang benar], semakin sakit yang Anda rasakan. Cobalah untuk menerima kritikan tersebut. Jangan serta merta merasa tersinggung, lantas segera mengunjungi balik blog pemberi kritikan dan mengungkapkan kekesalan Anda dengan berganti memberikan kritikan yang lebih pedas.
Tenangkan diri Anda, baca baik-baik point yang dikritik. Hadapilah kritik sebagai suatu cara untuk Anda memperbaiki diri.

2. Jangan Reaktif.

Balik menyerang pengkritik Anda bukan solusi. Pikirkan terlebih dahulu apa yang harus Anda buat selanjutnya. Jika kritikan yang diajukan terhadap Anda memang bukan untuk kebaikan blog Anda, ada baiknya Anda abaikan saja.
Tetapi jika yang diungkapkan itu adalah kebenaran: akuilah. Perbaiki yang yang bisa diperbaiki.

3. Tunjukkan Kematangan Anda.

Setelah mempertimbangkan apa yang Anda akan lakukan, hadapilah kritik dengan kedewasaan. Jawab kritikan dengan tindakan nyata: perbaikan terhadap masukan yang diberikan.

4. Segera Memperbaiki.

Lakukan segera jika Anda tahu caranya. Carilah informasi dari tempat lain jika memang Anda tidak tahu cara memperbaiki sesuatu yang dikritikkan kepada Anda. Citra diri Anda akan baik karena tidak menanggapi kritikan dengan cara emosional.

5. Lakukan Komunikasi Dengan Pemberi Kritik.

Ucapkan terimakasih atas masukan yang diberikan kepada Anda. Bagaimanapun juga, hal itu bisa menjadi sarana yang Anda gunakan untuk belajar.

Jika memang masih ada ganjalan di hati Anda, sampaikan. Jangan menyimpan dendam. Kritik memang tidak menyenangkan bagi yang menerima, tetapi selesaikan sampai clear seluruhnya.

6. Sembuhkan Diri Anda.

Setiap orang biasa melakukan kesalahan. Jangan merasa bahwa Anda satu-satunya orang yang pernah melakukan kesalahan. Toh, sudah Anda perbaiki bukan?

7. Kembali Blogging Sebagaimana Biasa.

Kritikan wajar saja diterima. Jika sudah selesai, lupakan. Kembali beraktifitas sebagaimana biasanya. Misalnya: menulis postingan, blogwalking ke rumah kawan-kawan, meninggalkan komentar dan menjalin persahabatan dengan blogger lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar